7 September 2016
redaksi pelita 8 (3043 articles)

Hujan dan Angin Kencang Diprediksi Landa Aceh Beberapa Hari ke Depan

ilustrasi

BANDA ACEH – Angin kencang dan hujan dengan intesitas ringan hingga sedang, diprediksi bakal mengguyur beberapa daerah di Aceh selama beberapa hari ke depan. Menurut Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Aceh Zakaria, kondisi itu disebab adanya low pressure di Samudera Hindia dan laut Cina Selatan yang mengakibatkan terbetuknya awan-awan  konvektif (awan hujan) dan tertariknya masa udara.

Karena itu, kata Zakaria, untuk beberapa wilayah seperti Bireuen, Lhokseumawe, Idi, Kuala simpang, Aceh Tamiang, Kuta Cane, Subulussalam, Simeulue, Nagan Raya, Aceh Selatan dan Aceh Jaya, secara umum akan diguyur hujan ringan hingga sedang.

“Untuk angin kencang antara 20-63 km per jam masih berpeluang terjadi untuk daerah pulau Aceh, Leupung, Lhoknga, Sabang dan Banda Aceh,” ujarnya.

Sementara  itu gelombang tinggi 1,5 meter-3 meter terjadi sepanjang parairan Barat Selatan, Selat Malaka bagian utara dan tengah. Di perairan utara timur tinggi gelombang nya antara 0,5-2 meter. Untuk tinggi gelombang selatan pulau Simeulue, Selatan Sabang-Pulau Andaman yaitu 2-5 meter.

“Nelayan perlu waspada dalam melaut serta untuk daerah yg berpotensi angin kencang agar tidak berteduh dibawah pohon dan juga tdk berteduh di bawah baliho,” katanya.

Penulis : Nyak Karing
Editor  : Miswardi

 

 

Comments

comments