12 Juni 2016
rahmat mirza (85 articles)

Gubernur Aceh Buka Puasa Bersama Ratusan Anak Yatim

Gubernur Aceh, dr. H. Zaini Abdullah berbuka puasa bersama ratusan anak yatim di Pendopo Gubernur Aceh, Sabtu (11/6/2016). Photo/Humas Aceh

Banda Aceh – Gubernur Aceh, Zaini Abdullah berbuka puasa bersama ratusan anak yatim di Pendopo Gubernur Aceh, Sabtu (10/6).

Buka puasa bersama tersebut turut dihadiri unsur Forkopimda Aceh dan Satuan Kerja Perangkat Aceh (SKPA).

Gubernur Aceh, Zaini Abdullah mengajak masyarakat untuk memperbanyak ibadah seperti tarawih,  zikir,  tadarus, i’tiqaf  dan lainya dalam bulan ramadhan ini.

Selain itu, ibadah-ibadah sosial, seperti  saling menyambung dan mempererat tali silaturrahmi, bersedekah,  menyantuni anak yatim dan fakir miskin  dan berbagai ibadah sosial lainnya juga tidak boleh dilupakan, kata Zaini.

“Buka  puasa  bersama  yang  kita laksanakan  hari  ini  juga  bertujuan  untuk  mempererat silaturrahmi, dan ini perlu terus kita  tingkatkan,  terlebih  lagi  di  bulan  Ramadhan  ini,” ujar Zaini.

Berkaitan dengan ibadah sosial, Ustad Muharrir Asyi’ari dalam tausiah singkatnya menyampaikan bahwa bulan Ramadhan sering diberi arti sebagai bulan muwasah, yaitu bulan kepedulian sosial atau saling tolong menolong. Ustad Muharrir menjelaskan, dalam sebuah hadis Rasullullah SAW menghimbau agar ummat islam gemar bersedekah.

Namun jika seseorang tidak mampu dan tidak dapat melakukannya, maka Hendaklah ia bekerja dgn tangannya lalu makan dari hasil kerjanya dan bersedekah. Jika seseorang masih belum mampu melakukannya, maka hendaklah ia menolong orang butuh yang teraniaya (terzhalimi).

Dan jika masih belum mampu juga, maka hendaklah ia menyuruh kepada kebaikan. Dan jika masih tidak mampu juga, hendaklah ia mencegah perbuatan buruk, karena hal itu juga sedekah baginya. “Bersedekah itu tidak hanya harus dengan materi, tapi saling menolong sesama manusia juga merupakan sedekah. Sedekah bisa kita berikan sesuai dengan profesi kita,” kata Ust. Muharrir.

Selain itu,  Gubernur Aceh turut menyerahkan santunan kepada anak yatim yang diserahkan lansung secara simbolis oleh Zaini Abdullah dan Wali Nanggroe Aceh, Malek Mahmud Al Haytar. (Rilis)

Editor : RMirza

Comments

comments

Tags ramadhan
makan jeruk