Dua Pelajar Payabakong, Raih Perak Pada Ajang Indonesia Science Project Olimpiade

Foto : Ist

ACEH UTARA – Dua siswa SMAN 1 Paya Bakong, Aceh Utara, Mahmudi Fahmi dan Fadlon meraih medali perak pada ajang Indonesia Science Project Olimpiade di Kharisma Bangsa. Di Tangerang Selatan, 24 -26 Februari 2017 untuk kategori komputer.

Kedua siswa ini dipastikan  akan mewakili Indonesia ke ajang Lomba Matrix Internasional di Kazakhstan Mei tahun depan.

Kedua siswa ini  berhasil menciptakan aplikasi pembelajaran huruf abjad untuk penyandang tuna netra, Minggu (26/02/2017).

Qusthalani selaku Pembina kedua siswa tersebut, menjelaskan perangkat sofware ini untuk memudahkan tuna netra memahami huruf abjad.

“Penggunaannya dengan gerakan tangan, begitu tangan digerakan direkam oleh webcam lalu keluar huruf abjad di layar komputer,” kata Qusthalani.

Lebih lanjut Qusthalani, menyampaikan, untuk kategori komputer, hanya SMAN 1 Paya Bakong mewakili Indonesia. Karena tahun ini even di Kazakhtan sesuai dengan software yang dibuat oleh kedua siswa tersebut.

“Kita berharap prestasi ini bisa menjadi motivasi bagi seluruh siswa pedalaman. Sehingga terus berkarya, untuk membuktikan diri bahwa bisa meraih prestasi meski berada di pendalaman. Dan yang terpenting ini bisaa menjadi inspirasi bagi seluruh pelajar yang ada di Indonesia.