11 Juni 2019
redaksi pelita 8 (3069 articles)

Diterjang Angin Puting Beliung 18 Rumah Rusak di Aceh Utara

ACEH UTARA – Sebanyak 18 rumah dilaporkan rusak karena dihantam angin puting beliung di sejumlah tempat di Kabupaten Aceh Utara, Senin (10/6/2019) malam.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Utara Amir Hamzah mengatakan, data sementara yang dihimpun terdapat 18 rumah rusak parah.

Jumlah itu terdiri dari 10 rumah di Desa Cot Paya, Kecamatan Baktiya Barat, satu rumah di Kecamatan Tanah Jambo Aye, dan tujuh rumah di Kecamatan Seunuddon, Kabupaten Aceh Utara.

“Ini masih pendataan. Baru tiga kecamatan yang masuk data. Satu kecamatan lagi di Kecamatan Kuta Makmur, datanya belum masuk. Sampai saat ini, sudah 18 rumah rusak akibat musibah puting beliung,” kata Amir Hamzah, saat dihubungi, Selasa (11/6/2019).

“Data rinci lainnya masih kami kumpulkan. Untuk penyaluran bantuan masa panik, sore ini sebagian akan disalurkan oleh Dinas Sosial Aceh Utara. Kami sudah berkoordinasi dengan dinas sosial,” kata dia.

Dia merincikan, untuk kecamatan Baktiya rumah yang rusak yaitu milik Muslim (29), Hasanun Basri (45), Zainal Abidin (50), Musrsidah (48), Abdul Muthalib (50), Baktiar (35), Basri (28), Farhan (35), Sulaiman R (70), Tgk Bachtiar (45) dan Mariam (50), di Kecamatan Tanah Jambo Aye rumah yang rusak milik M Saleh (55).

Saat ini, sebagian keluarga korban mengungsi ke rumah keluarga. Sebagian lagi menempati rumah yang rusak ringan karena dihantam puting beliung.

“Sebagian warga yang rusak ringan rumahnya menempati rumah itu juga. Misalnya yang rusak itu bagian dapur, atau bagian teras saja. Maka rumahnya masih ditempati,” pungkas Amir.

Comments

comments

makan jeruk