Foto : Kasnah Wati, Humas Klp 53

Di Seulunyok, Mahasiswa Ikut Melihat Produksi Terasi Udang

Foto : Kasnah Wati, Humas Klp 53

Aceh Utara–  Selain bergotong royong ataupun sosialisasi kepada masyarakat. Mahasiswa Unimal juga memilih untuk melakukan kegiatan aktif lainnya.

Hal berbeda itu ditunjukkan oleh Mahasiswa KKN Unimal 2017 kelompok 53 yang mengabdikan dirinya di Desa Seulunyok, Kecamatan Nibong, Aceh Utara. Di sana mereka malah memilih ikut melihat produksi terasi udang milik warga setempat.Tak hanya itu, mereka juga sempat menanyakan berbagai hal terkait terasi yang dibuat oleh Muzakir (36) bersama istrinya Roslaina (32), Kamis (10/8/2017).

Meski beragam anggapan muncul bahwa terasi adalah bahan makanan untuk kelas bawah namun di Indonesia sendiri dikonsumsi oleh setiap kalangan. Bagi banyak orang Indonesia, selama ada sambal (terasi) santap makanan pun terkesan enak.

Menurut cerita Roslaina, dirinya baru saja memulai usaha membuat terasi. Bahan bakunya adalah udang.

“Usaha ini direkomendasikan oleh teman saya, yang sudah berpengalaman. Jadi saya mencoba untuk mulai usaha ini untuk menambah kebutuhan dapur saya,” kata Roslaina kepada mahasiswa KKN.

Roslaina juga menyebutkan sejauh ini penjualan terasi yang diproduksi di rumahnya itu sudah lumayan berkembang. Selama ini pun telah  di pasarkan sejumlah kecamatan di  Aceh Utara seperti Tanah Luas (Blang Jruen), Syamtalira Bayu, Samudera (Geudong) dan Nisam.

Foto : Kasnah Wati, Humas Klp 53

“Alhamdulillah pemasarannya sudah lumayan sekarang. Saya hanya berharap semoga usahanya ini berjalan terus dan lancar sehingga mampu membuat pabrik sederhana. []


Penulis : Kasnah Wati, Humas Klp 53
Editor  : M. Sikumbang