17 November 2017
redaksi pelita 8 (2387 articles)

Danlanal Lhokseumawe Lepas Pramuka Saka Bahari Ikuti Pelantara Ops.SBJ Sail Sabang 2017

Danlanal Lhokseumawe Letkol Laut (P) Muhammad Sjamsul Rizal menyerahkan bendera Saka Bahari saat melepas Anggota Saka Bahari binaan Lanal Lhokseumawe untuk mengikuti Pelayaran Lingkar Nusantara VII, Operasi Bhakti Surya Baskara Jaya (SBJ) Sail Sabang Tahun 2017 di lapangan Mako Lanal Lhokseumawe, Jumat (17/11/2017). Pelita8/Rahmat Mirza

ACEH UTARA – Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Lhokseumawe Letkol Laut (P) Muhammad Sjamsul Rizal melepas anggota Pramuka Saka Bahari Aceh sebagai peserta kegiatan Pelayaran Lingkar Nusantara (Pelantara) VII 2017 di lapangan Markas Komando (Mako) Lanal Lhokseumawe, Jl. KKA, Desa Paloh Igeuh, Kecamatan Dewantara, Aceh Utara, Jumat (17/11).

Danlanal Lhokseumawe Letkol Laut (P) Muhammad Sjamsul Rizal mengatakan, Pelantara VII merupakan salah satu rangkaian kegiatan dari Operasi Bhakti Surya Baskara Jaya (SBJ) Sail Sabang Tahun 2017, yang menempuh rute pelayaran mulai dari Jakarta, Batam, Belawan, Sabang, Padang, Bengkulu dan kembali lagi ke Jakarta.

Enam anggota Pramuka Saka Bahari Binaan Lanal Lhokseumawe berangkat ke Jakarta terlebih dahulu dan bergabung dengan anggota pramuka lainnya dari seluruh Indonesia untuk mengikuti pelayaran keliling nusantara.

“Mereka berangkat dengan Kapal Perang Indonesia (KRI) di mana pada setiap daerah persinggahannya, para peserta mengikuti kegiatan Perkemahan Pesisir dan Perkemahan Pelantara,” kata Letkol Laut Sjamsul Rizal.

Danlanal Lhokseumawe Letkol Laut (P) Muhammad Sjamsul Rizal didampingi Para Perwira TNI AL berfoto bersama Anggota Pramuka Saka Bahari usai Upacara pelepasan peserta kegiatan Pelayaran Lingkar Nusantara (Pelantara) VII 2017 di lapangan Markas Komando (Mako) Lanal Lhokseumawe, Jumat (17/11/2017). Pelita8/Rahmat Mirza

Lanjutnya, dengan adanya persinggahan di beberapa daerah diharapkan mampu memahami keanekaragaman budaya Indonesia, mengenal karakteristik budaya pada masing-masing daerah dan juga mengenal berbagai potensi maritim yang ada di Indonesia.

“Pelantara ini, merupakan kegiatan yang diprakarsai oleh TNI AL, bersama dengan Pramuka Saka Bahari tingkat nasional, yang bertujuan untuk membentuk karakter generasi muda Saka Bahari, serta memberikan pemahaman tentang kebangsaan, bela negara, kemaritiman, keangkatan lautan, kepemimpinan, serta kehidupan beraneka ragam budaya maupun sosial dan kehidupan prajurit TNI AL di kapal perang,” ungkap Danlanal.

Oleh karena itu, dirinya sangat mengharapkan kepada peserta supaya selain menjaga kesehatannya dengan agar bisa mengikuti kegiatan dengan maksimal, juga mampu menambah pengetahuan tentang kemaritiman serta memperkuat tali silaturahmi antar sesama peserta.

“Selaku Majelis Pembimbing Saka Bahari dan atas nama pribadi, saya ucapkan terima kasih kepada pihak sekolah yang telah mengijinkan siswanya untuk mengikuti kegiatan Pelantara ini. Begitu pula, kepada kakak-kakak pembina yang berkenan meluangkan waktu berbagi ilmu dan pengalaman untuk memberi bekal kepada peserta dalam mengikuti pelantara ini,” pungkasnya.

Penulis : Rahmat Mirza
Editor  : Zielva

Comments

comments