Pelita 8
Daerah Info News

Dampak Erupsi Sinabung, Kodim 0103/Aceh Utara Bagikan Seribu Masker

Lhokseumawe – Akibat dampak letusan Gunung Sinabung di Kabupaten Tanah Karo, Sumatera Utara, hingga mencapai Kota Lhokseumawe, anggota Kodim 0103/Aceh Utara, membagikan seribu masker kepada pengguna jalan, Selasa (20/2).

Pembagian masker kepada pengguna jalan oleh personil Kodim 0103/Aceh Utara yang langsung dipimpin oleh Danramil 16/Banda Sakti Kapten Inf Anhendrik tersebut adalah sebagai upaya untuk mengantisipasi dampak bahayanya saluran pernafasan dari bahaya debu vulkanik, sehingga tetap aman selama berkendara, ungkap Komandan Kodim 0103/Aceh Utara Letkol Fadjar Wahyudi Broto melalui Danramil 16/Banda Sakti.

Lanjutnya, pembagian masker kepada pengguna jalan itu, khusus diberikan kepada pengguna jalan yang memakai helm. Sedangkan yang tidak memakai helm tidak diberikan.

“Kita membagikan masker ini kepada pengendara kendaraan roda dua yang memakai helm, di sejumlah tempat dalam wilayah pusat kota Lhokseumawe simpang empat. Sehingga pengendara kendaraan dapat terlindungi pernafasannya saat berada di luar rumah,” katanya.

Untuk mengantisipasi dampak bahaya abu vulkanik tersebut, ia mengimbau kepada masyarakat untuk tidak terlalu beraktivitas diluar ruangan.

Selain dapat menganggu pernafasan, abu vulkanik tersebut juga dapat menyebabkan iritasi pada mata. Akan tetapi jika berada di luar ruangan disarankan untuk memakai masker, guna mengurangi bahaya debu tersebut, pungkas Danramil 16/Banda Sakti Kapten Inf Anhendrik.

Sementara itu, sebagaimana diketahui, abu vulkanik tersebut mulai terasa turun di Kota Lhokseumawe dan sekitarnya, pada Senin pukul 21.00 Wib, yang ditandai dengan berdebunya benda-benda yang berada diluar rumah seperti kendaraan dan lain sebagainya. (*)

Comments

comments

Related posts

New York’s first women-only boxing club is here

pelita8

Tanggal 11 Februari Masa Kempanye Aceh Utara Berakhir

redaksi pelita 8

Kemenristekdikti : Unimal Dampingi Bocah Inovator Energi Listrik di Langsa !

redaksi pelita 8