21 Juni 2018
redaksi pelita 8 (2698 articles)

Daftar 10 Universitas Terbaik Asia 2018 – 2019

10 Universitas Terbaik Asia (Dok. QS World University Ranking)

PELITA8.COM – Tahun 20182019 melalui QS World Univerisity Ranking telah merilis pemeringkatan Universitas terbaik di Asia. Tidak kurang dari 450 universitas Asia masuk dalam daftar pemeringkatan tersebut.

QS World University Ranking menggunakan 6 indikator penting dalam pemeringkatan yaitu: Reputasi akademik, Reputasi lulusan, Rasio fakultas dan mahasiswa, Kutipan jurnal ilmiah, Fakultas internasional dan Mahasiswa Internasional.

Berikut daftar 10 universitas terbaik di Asia:

1. Nanyang Technological University (NTU)

10 Universitas Terbaik Asia: NTU(Dok. QS World University Ranking)

Naik 2 peringkat,Mendaki dua tempat tahun ini, Korea Advanced Institute of Science & Technology didirikan pada 1971 sebagai universitas sains dan rekayasa penelitian pertama yang berorientasi di Korea Selatan. Ini terletak di Daejeon, kota yang terkenal dengan inovasi dalam sains dan pendidikan, dan juga memiliki kampus di ibu kota Seoul. KAIST saat ini memiliki sekitar 10.600 siswa, dengan proporsi pascasarjana lebih besar daripada mahasiswa. NTU menggantikan posisi National University of Singapore dan menyandang peringkat tertinggi di Singapura dan Asia.NTU menerima skor tertinggi di seluruh indikator termasuk Kutipan Jurnal Ilmiah yang mereka lansir.

Baca juga: Infografik, Ini Dia 9 Universitas Terbaik Indonesia versi QS World

NTU terbilang universitas baru, didirikan pada tahun 1991, dan secara konsisten masuk dalam peringkat 50 Terbaik universitas berumur di bawah 50 tahun. NTU memiliki populasi siswa sekitar 32.400 dan memiliki kampus universitas terbesar di Singapura sekitar 200 hektar. NTU juga memiliki program studi (prodi) terbaik di dunia untuk 31 prodi, termasuk 10 posisi teratas untuk teknik kimia dan sipil.

2. National University of Singapore (NUS)

10 Top Universitas Asia: NUS(Dok. QS World University Ranking)

National University of Singapore (NUS) turun satu peringkat kedua di Asia pada 2018, namun tetap menerima nilai tertinggi di seluruh indikator reputasi lulusannya, dan hanya tertinggal satu tempat di belakang NTU untuk Kutipan Jurnal Ilmiah.

NUS didirikan pada 1905 dengan nama King Edward VII College of Medicine dan saat ini memiliki sekitar 38.600 siswa, dan hampir 10.000 di antaranya belajar di tingkat pascasarjana.

NUS termasuk dalam universitas terbaik di dunia untuk 36 prodinya, termasuk posisi di 10 teratas untuk teknik kimia dan sipil, kimia, ilmu material, arsitektur, dan statistik.

3. The Hong Kong University of Science and Technology (HKUST)

10 Universitas Terbaik Asia: HKUST(Dok. QS World University Ranking)

Naik satu peringkat tahun ini, Hong Kong Universitas Sains dan Teknologi (HKUST) adalah salah satu universitas top termuda di Asia dalam daftar ini, yang didirikan pada tahun 1991.

HKUST menempati posisi kedua setelah NTU di 50 Universitas Terbaik di bawah usia 50 tahun. HKUST memiliki sekitar 14.200 siswa dan menawarkan kampus 60 hektar yang menarik di keindahan alam di Semenanjung Clear Water, tidak jauh dari pusat kota Hong Kong.

4. Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST)

10 Universitas Terbaik Asia: KAIST(Dok. QS World University Ranking)

Naik dua peringkat tahun ini, Korea Advanced Institute of Science & Technology (KAIST) didirikan pada 1971 sebagai universitas yang berorientasi sains dan penelitian rekayasa pertama di Korea Selatan.

Universitas ini terletak di Daejeon, kota yang terkenal dengan inovasi dalam sains dan pendidikan, dan juga memiliki kampus di ibu kota Seoul. KAIST saat ini memiliki sekitar 10.600 siswa, dengan proporsi pascasarjana lebih besar daripada mahasiswa.

5. University of Hong Kong (HKU)

10 universitas Terbaik Asia: HKU(Dok. QS World University Ranking)

Turun tiga peringkat ke peringkat 5 di Asia tahun ini, Universitas Hong Kong (HKU) tetap konsisten sebagai salah satu universitas terbaik di Asia. HKU adalah universitas tertua di Hong Kong yang telah didirikan pada tahun 1911 dan sejak itu memperoleh pengakuan internasional untuk pencapaiannya sebagai universitas untuk penelitian yang komprehensif. HKU memiliki 28.744 mahasiswa, termasuk 9.215 mahasiswa internasional.

6. Tsinghua University

10 Universitas Terbaik Asia: Tsinghua University(Dok. QS World University Ranking)

Tsinghua University turun satu peringkat dalam raking Asia tahun ini namun tetap menjadi universitas dengan peringkat tertinggi di Cina. Universitas ini masuk dalam 5 besar untuk Reputasi Akademik dan Lulusan.

Tsinghua University didirikan tahun 1911, bertempat di ibukota Cina, Beijing dan merupakan  universitas bergengsi di Cina. Saat ini universitas ini masuk dalam peringkat 10 universitas terbaik di dunia untuk prodi teknik sipil, elektrik, dan mekanik, serta ilmu material.

7. Fudan University

10 Universitas Terbaik Asia: Fudan University (Dok. QS World University Ranking)

Juga berlokasi di Cina, Fudan University naik empat peringkat di peringkat Asia pada 2018, mengalahkan Peking University. Didirikan tahun 1905 sebagai Sekolah Umum Fudan, Fudan terletak di Shanghai, dan dianggap sebagai salah satu universitas Cina yang paling selektif.

Fudan University  memiliki sekitar 31.900 siswa, di antaranya 3.000 mahasiswa internasional, dan masuk dalam peringkat 50 universitas terbaik dunia untuk prodi bahasa modern, teknik mesin, kimia, ilmu material, dan politik.

8. City University of Hong Kong

10 Universitas Terbaik Asia: City of Hongkong Univ.(Dok. QS World University Ranking)

Masuk urutan 8 di Asia pada 2018, City University of Hong Kong adalah universitas ‘muda’ yang berkembang pesat, didirikan pada 1984 sebagai City Polytechnic of Hong Kong.

City University of Hong Kong masuk dalam 50 universitas top dunia untuk teknik sipil, matematika, akuntansi dan keuangan, komunikasi dan kajian media, serta kebijakan dan  administrasi sosial.

Selain memiliki lebih dari 50 program gelar sarjana, City University of Hong Kong juga menawarkan program ‘dual degree’ dengan universitas bergengsi lainnya seperti Universitas Columbia di Amerika.

9. Peking University

10 Universitas Terbaik Asia: Peking University(Dok. QS World University Ranking)

Peking University mempertahankan posisi selalu masuk dalam 10 terbaik Asia selama 9 tahun terakhir. Peking University masuk dalam lima teratas untuk Reputasi Akademik dan Reputasi Lulusan.

Didirikan pada tahun 1898 di Beijing, Peking University selalu diperhitungkan sebagai universitas bergengsi, dan juga terkenal dengan arsitektur tradisional Cina yang indah di halaman kampusnya. Peking saat ini menduduki peringkat 15 terbaik dunia untuk prodi linguistik, bahasa modern, kimia, dan kedokteran gigi.

10. The Chinese University of Hong Kong (CUHK)

10 Universitas Terbaik Asia: CUHK(Dok. QS World University Ranking)

Menutup 10 universitas top di Asia 2018, Chinese University of Hong Kong (CUHK) turun dua tempat ke peringkat 10 tahun ini. CUHK mendapat skor tertinggi untuk Mahasiswa Internasional dan Reputasi Akademik.

Didirikan pada tahun 1963 CUHK menawarkan berbagai macam prodi yang sebagian besar diajarkan dalam bahasa Inggris.

Sumber : Kompas.com

Comments

comments