Pelita 8
Daerah News

Buka Pelatihan Manajemen Pengembangan TIK, ini Harapan Wabup Fauzi Yusuf Bagi Santri Dayah

"...disamping itu dayah juga sebagai tempat pembelajaran ilmu agama islam dan memiliki kontribusi untuk membina santri secara lahir batin. Sehingga dayah dapat menghasilkan kader-kader yang mampu mengatasi dampak negatif dari pemanfaatan internet, harap Sidom Peng..."


ACEH UTARA – Wakil Bupati Aceh Utara Fauzi Yusuf akrab disapa Sidom Peng membuka Pelatihan Pengembangan Manajemen Teknologi Informasi dan Komputer (TIK) bagi santri dayah di Kampus Politeknik Negeri Lhokseumawe, Jumat (15/09). Pelatihan Pengembangan TIK tersebut atas kerjasama Dinas Pendidikan Dayah Kabupaten Aceh Utara dengan Politeknik Negeri Lhokseumawe.

Kegiatan ini cukup strategis dan sangat penting dilaksanakan, mengingat kebutuhan akan pengetahuan dan aplikasi teknologi informasi pada masa mendatang. “Pertumbuhan teknologi informasi dan komputer di Indonesia sangat pesat, serta memberikan banyak manfaat positif bagi peningkatan kualitas kesejahteraan dan kecerdasan masyarakat di berbagai bidang kehidupan,” kata Wabup Fauzi Yusuf saat membuka pelatihan pengembangan manajemen TIK bagi santri di Politeknik Lhokseumawe.

Ia menambahkan, Dayah atau pesantren memiliki potensi yang sangat luar biasa, apabila dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan dalam pengelolaan informasi teknologi yang akan berkontribusi langsung dalam penyebaran informasi maupun dakwah yang bernuansa islami dengan semangat amar ma’ruf nahi munkar. Dayah sebagai elemen peting dalam menjaga moralitas bangsa.

Lebih lanjut, diharapkan dapat ikut berperan serta dalam pemberdayaan masyarakat, disamping itu dayah juga sebagai tempat pembelajaran ilmu agama islam dan memiliki kontribusi untuk membina santri secara lahir batin. Sehingga dayah dapat menghasilkan kader-kader yang mampu mengatasi dampak negatif dari pemanfaatan internet diantaranya, pornografi, judi, SARA, pelanggaran hak cipta, kekerasan, penculikan, berita honong (hoax), serta pencurian data pribadi, harap Sidom Peng.

Kepala Dinas Pendidikan Dayah Aceh Utara, M.Usman mengatakan, dalam pelatihan singkat ini, pihaknya memberikan kesempatan pelatihan komputer untuk santri dayah bisa mandiri dengan teknologi, karena selama ini mereka masih menggunakan tulisan tangan dalam membuat laporan kegiatan .

“Pelatihan komputer ini agar para santri bisa mandiri dengan teknologi. Baik laki-laki maupun perempuan yang aktif di dayah-dayah dalam pembinaan bisa maksimal, dan ingin membuat sendiri laporannya,”katanya. Pelatihan komputer bagi santri dayah ini direncanakan akan dilaksanakan selama 3 hari sejak tanggal 15-17 September 2017 diikuti oleh 160 peserta. (*)

Editor : Rahmat Mirza

Comments

comments

Related posts

Di Pasung Keluarga, Bupati Aceh Utara Serahkan 16 Warganya Ke RS Jiwa Banda Aceh

redaksi pelita 8

Masyarakat di Desa Cot Merbo Keluhkan Harga Getah Karet Anjlok

redaksi pelita 8

BPJS Kesehatan Tingkatkan Kepatuhan Badan Usaha Di Aceh Utara

redaksi pelita 8