23 Januari 2019
redaksi pelita 8 (3124 articles)

BPMA; Semburan Gas & Lumpur diduga Ada Singkapan Gas Dangkal


Plt. Kepala Badan Pengelola Migas Aceh (BPMA) Azhari Idris. Foto/Kompas.com

BANDA ACEH – Plt. Kepala Badan Pengelola Migas Aceh (BPMA) Azhari Idris, menyatakan pihaknya ikut prihatin atas kejadian semburan lumpur diduga bercampur gas dari sumur bor milik warga di Gampong Tanjong Meunye, Kecamatan Tanah Jambo Aye, Aceh Utara.

“Kita ikut prihatin atas kejadian ini karena bisa berbahaya bagi masyarakat dan lingkungan jika terjadi kebakaran besar,” kata Azhari Idris dalam siaran pers, Rabu (23/1/2019).

Azhari menyebutkan, pihaknya telah mengecek bahwa lokasi kejadian itu di luar Wilayah Kerja Migas. “Ini terjadi di tanah masyarakat,” katanya.

Menurut dia, informasi sementara didapatkan BPMA bawa warga mengebor sumur air, kemudian terjadi semburan dari bawah secara tiba-tiba. “Kami duga disitu ada singkapan gas dangkal,” kata Azhari.

Azhari menyebutkan, situasi sekarang tekanan semburan dari bawah sudah hilang. Dia menyarankan masyarakat sebaiknya sementara menjauh dari lokasi kejadian agar menjaga keselamatan dan jauhkan dari percikan api.

“Pengalaman menjelaskan bahwa singkapan gas dangkal seperti ini setelah terjadi semburan biasanya tekanan bawah tanah akan cepat hilang. Jika pada kondisi tertentu masih ada kondisi yang membahayakan, BPMA akan membantu pemerintah dalam penanganan selanjutnya,” ujar Azhari. (*)

Comments

comments

makan jeruk