8 April 2019
redaksi pelita 8 (3015 articles)

BPMA ; Ada 12 Perusahaan, Namun Diantaranya 6 Perusahaan Mulai Tahap Eksplorasi Migas di Aceh

Di 3 Kawasan, Aceh Utara, Aceh Timur dan Pidie Jaya

Di 3 Kawasan, Aceh Utara, Aceh Timur dan Pidie Jaya

LHOKSEUMAWE – Sejumlah perusahaan yang akan melakukan pengeboran minyak dan gas (migas) di Aceh diantaranya sebanyak 12 perusahaan. Namun diantaranya ada 6 perusahaan akan memulai tahap eksplorasi dalam waktu dekat dan juga tahun depan.

“Untuk Zaratex NV sudah dalam tahap Plant Of Development (POD) di Sumur Peusangan B kawasan Lhokseumawe,” kata Plt. Kepala Badan Pengelola Migas Aceh (BPMA) Azhari Idris kepada para Jurnalis disela-sela seminar publik di Universitas Malikussaleh (Unimal) bekerja sama dengan SKK Migas, BPMA, Zaratex N.V., dan Triangle Pase Inc., di Aula Meurah Silue Kampus Pascasarjana, Lhokseumawe, Senin (8/4/2019).

Menurut Azhari, Renco Elang Energy (REE) direncanakan akan melakukan pengeboran di Aceh Timur pada Juni 2019. “Disinyalir (di lokasi yang akan dibor) itu ada minyak, tetapi untuk membuktikannya harus dengan cara pengeboran,” ujarnya.

Kemudian, ada Triangle Pase Inc., di Langkahan atau perbatasan Aceh Timur dan Aceh Utara, kita akan bor (sumur baru), insya Allah pada 19 April 2019. Itu dalam akhir tahun ini akan diketahui berapa besar potensi migas di situ, baru akan bisa diproduksikan. Pada tahun depan Repsol asal Spanyol akan melakukan pengeboran di lepas pantai Pidie Jaya, ungkap Azhari.

“Mudah-mudahan ini bisa memberikan sesuatu yang bagus, karena Aceh sudah hampir 40 tahun tidak ada eksplorasi migas besar-besaran. Yang diproduksi PT Pertamina sekarang itu merupakan hasil temuan dari survei tahun 1970-an, maka kita nikmati saat ini. Semoga (ekplorasi di lokasi baru) ini bisa memberikan prospek yang bagus bagi Aceh di masa yang akan datang,” kata Plt. Kepala BPMA. (RM)

Comments

comments