10 Januari 2017
redaksi pelita 8 (2894 articles)

BKPP Aceh Utara Himbau PNS Aceh Utara Agar Netral Pada Pilkada

LHOKSUKON – Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Aceh Utara, menghimbau para Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk bersikap netral dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Aceh yang akan digelar pada 15 Februari 2017 mendatang. Hal ini dikatakan oleh Sekretaris BKPP Cut Nurlina, Selasa (09/01/2017).

Lebih lanjut dikatakan Cut Nurlina, netralitas pegawai negeri sipil sudah di atur berdasarkan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Apartur Sipil Negara (ASN)  pada asas huruf (f). Netralitas dan peraturan pemerintah nomor 53 tahun 2010 tentang disiplin bagi PNS yang mengatur tentang kewajiban dan larangan PNS.

Perkara yang dilarang oleh undang-undang kepada ASN terkait dengan pelaksanaan pilkada, diantaranya menjadi peserta kampanye dengan menggunakan atribut partai atau atribut PNS, terlibat sebagai pelaksana kampanye, tidak menggunakan fasilitas negara untuk berkampanye dan membuat keputusan yang menguntungkan serta merugikan salah satu pasangan calon dan terlibat mengarah keberpihakan terhadap pasangan calon, tegas Cut  Nurlina.

“Jika terlibat dan melanggar peraturan tersebut akan diberikan sanksi sesuai aturan yang berlaku paling berat dicopot dari PNS,” kata Cut Nurlina.

Netralitas ini juga diharapkan kepada bagi Non-PNS agar tidak terlibat dalam kegiatan kampanye untuk mendukung calon kandidat pada pesta demokrasi Aceh Utara.

(Khaidir MG)

 

Comments

comments