9 Februari 2018
redaksi pelita 8 (2741 articles)

BI Bina Kemandirian Ekonomi Santri Kembangkan Budidaya Cabai

ilustrasi : petani tanam cabai

LHOKSEUMAWE – Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia Lhokseumawe, membina santri pesantren Raudhatul Maarif, Cot Trueng, Kabupaten Aceh Utara, untuk mengembangkan teknik budidaya cabai merah.

Kepala KPw BI Lhokseumawe Yufrizal, Jumat (9/2) malam, menjelaskan, pembinaan yang dilakukan oleh BI tersebut, selain memberikan bahan dan alat kebutuhan pertanian budidaya cabai merah, juga memberikan penyuluhan yang disampaikan oleh tenaga ahli.

Tujuannya adalah menciptakan kemandirian ekonomi kepada santri, sehingga dengan pengalaman belajar cara membudidayakan cabai merah, kelak dapat diterapkan oleh santri sebagai salah satu ketrampilan hidup.

Pembinaan budidaya cabai merah dilakukan secara tabulapot, yang mencapai dua ribu pot polybag plastik.

Sedangkan perawatan dan penyiramannya dilakukan secara bergiliran oleh santri. Serta dibimbing oleh tenaga ahli yang berpengalaman sehingga lebih berhasil guna, ungkap Yufrizal.

Yufrizal menjelaskan, cabai merah merupakan salah satu jenis komoditi yang memberi andil terhadap inflasi setiap bulannya. Sehingga dengan adanya pengetahuan tentang budidaya cabai merah dimaksud dapat menstabilkan inflasi dari pengaruh salah satu bahan makanan tersebut, pungkasnya. (*)

Editor : Rahmat Mirza

Comments

comments