26 September 2016
redaksi pelita 8 (3119 articles)

Besok, KIP Aceh Jaya Gelar Uji Tes Baca Al-Qur’an Cabup-Cawabup

 

ACEH JAYA– Pasangan Calon (Paslon) Kepala Daerah Aceh Jaya, yang maju pada Pilkada 2017 sebagai Cabup/Cawabup, akan menjalani tes kemampuan membaca Al-qur’an pada Rabu ( 28/9) besok.

Hal itu disampaikan oleh Ketua Komisioner Komisi Idependen Pemilihan(KIP) Aceh Jaya, Helmy Syarizal,SE, tes ini akan dilakukan oleh tim dari Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) dan Kementerian Agama. Ketika tes membaca Al-Qur’an nanti, penguji akan menguji sejumlah ujian yakni tajwid, fashahah, dan adab.

“Jumlah tim terdapat 5 orang masing-masing dari Unsur MPU, KEMENAG dan LPTQ Aceh Jaya, sedangkan yang menjadi Ketua Tim penguji adalah Tgk.H.faisal Abdullah, Tgk Mustafa Abbas, Tgk Taisir, Tgk Ibnu Hajar dan Tgk.H. Muhibbudin Husein,” kata Helmy Syarizal,SE, kepada Pelita8.com, Senin (26/9) malam.

Lebih lanjut Helmy Syarizal menambahkan, dalam penilaian tes kemampuan membaca Al-Qur’an, ada tiga kategori yang dinilai yaitu Tajwid, Fashahah (Ketepatan membaca huruf) dan Adab, akan tetapi pembacaannya tidak seperti MTQ karena yang dinilai oleh tim penguji adalah mampu membaca Al-Qur’an.

“Dinyatakan lulus pada tes baca Al-Qur’an ini minimal kandidat harus mampu memperoleh nilai mencapai 50,” ungkap Helmy.

Sementara untuk tajwid nilai maksimal 50, Fashahah 30 dan Adab 20, apabila bakal calon mendapat nilai 50 berarti dianggap sudah mampu membaca Al-Qur’an. Maka nanti hasil uji tes akan diputuskan oleh tim penguji paling lama satu hari setelah selesai uji tes dan hasilnya akan diserahkan kepada KIP Aceh Jaya.

“Jadi dalam tes tersebut juga akan diundang bakal calon, unsur Forkopimda, Ketua Partai, Ketua PPK, masyarakat dan tamu undangan lainnya,” ujar Helmy Syarizal,SE.

Penulis : Musliadi Teunom
Editor  : ZV

 

Comments

comments

makan jeruk