Bea Cukai Tangkap 2 Kapal Seludup Sabu Bermodus Pasokan Bawang Merah Ilegal Asal Malaysia ke Aceh

ACEH UTARA – Kapal Patroli Bea Cukai No. 30005 menggagalkan penyelundupan bawang merah ilegal asal Malaysia ke Aceh Utara. Dua kapal kayu pengangkut bawang merah tanpa dokumen resmi yang diperkirakan mencapai puluhan ton itu ditangkap di perairan Tanah Jambo Aye, Aceh Utara.

Kedua kapal itu ditangkap tim patroli Bea Cukai Tanjung Balai Karimun di perairan Tanah Jambo Aye, Rabu (21/8/2019). Lalu, kedua kapal berserta sejumlah anak buah kapal (ABK) tersebut diamankan ke Pelabuhan Umum Krueng Geukueh, Aceh Utara, Kamis (22/8/2019).

Dua kapal jenis kargo kayu yang diamankan itu KM. Chantika No. 972 QQB GT53, dan KM. Alif GT2. Beredar informasi, di dalam kapal tersebut juga ditemukan narkotika jenis sabu.

Kepala Kantor Bea Cukai Lhokseumawe Said M. Iqbal, dikonfirmasi melalui WhatsApp, Kamis sore, membenarkan tim patroli Bea Cukai mengamankan dua kapal bermuatan bawang merah tanpa dilengkapi dokumen resmi.

“Untuk saat ini masih kita lakukan proses pencacahan dan lainnya. Untuk detailnya nanti setelah proses semuanya selesai,” ujar Said. [RM]