3 September 2019
redaksi pelita 8 (3311 articles)

Bank Indonesia Minta Perbankan di Aceh Terapkan Qanun LKS

SABANG – Kepala Kantor Perwakilan Aceh Bank Indonesia (BI) Provinsi Aceh, Zainal Arifin Lubis, mengatakan pihaknya meminta perbankan harus bersiap menerapkan qanun tersebut.

Tujuan Qanun tersebut untuk mendorong terwujudnya perekonomian Aceh yang islami serta dukungan pendanaan serta menjalankan fungsi lembaga keuangan berdasarkan prinsip syariah, kata Zainal Arifin.

Dengan adanya qanun tersebut semua lembaga keuangan baik perbankan wajib memberlakukan sistem syariah dalam pengelolaan keuangan.

“Sejauh ini belum ada keluhan dari pihak bank di Aceh terkait penerapan Qanun tentang LKS itu. Dari pihak BI melihat perbankan sedang mempersiapkan diri untuk menerapkan Qanun tersebut,” ujar Zainal.

Namun, ada sebagian bank sudah mengonversikan ke bank syariah seperti BNI, BRI, Bank Aceh dan ada bank swasta lainnya, kata Zainal Arifin usai membuka ‘Edukasi Ekonomi dan Keuangan Syariah kepada Mitra Jurnalis’, yang digelar Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Aceh, di Hotel Mata Ie Resort, Kota Sabang (3/9 /2019).

Menurut Zainal, tidak ada keluhan dari pihak bank di Aceh terkait dengan Qanun tentang LKS itu. Perbankan juga menginginkan masyarakat Aceh menyambut baik penerapan qanun tersebut.

Sementara itu, kegiatan ‘Edukasi Ekonomi dan Keuangan Syariah kepada Mitra Jurnalis’, diikuti puluhan jurnalis dari Banda Aceh dan Lhokseumawe, berlangsung hingga 5 September 2019. (*)

Comments

comments

makan jeruk