3 Desember 2017
redaksi pelita 8 (2387 articles)

Banjir di Aceh Utara, Ribuan Warga Mengungsi

Banjir di Aceh Utara meluas hingga 16 kecamatan. Foto/IST

ACEH UTARA – Hujan deras sepanjang dua hari terakhir mengakibatkan banjir semakin meluas di Kabupaten Aceh Utara. Hari ini, Minggu (3/12), banjir meluas hingga 16 kecamatan. Dampaknya, ribuan rumah terendam dan ribuan warga mengungsi ke sejumlah titik.

Kecamatan yang terendam banjir yaitu Kecamatan Lhoksukon, Langkahan, Tanah Jambo Aye, Seunuddon, Baktiya, Baktiya Barat, Matangkuli, Pirak Timu, Tanah Luas, Samudera, Simpang Keuramat, Muara Batu, Kuta Makmur, Sawang, Syamtalira Aron dan Kecamatan Geureudong Pase.

Dari jumlah itu, enam kecamatan terparah yaitu Kecamatan Lhoksukon, Langkahan, Pirak Timu, Matangkuli dan Samudera dan Kecamatan Tanah Luas.

Informasi yang diterima dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Utara, sejumlah titik banjir mulai terlihat surut. Namun, beberapa tempat lainnya terjadi luapan air.

“Laporan yang saya terima dari lapangan, banjir meluas ke 19 kecamatan, kemarin (Sabtu, 2 Desember 2017) hanya 16 kecamatan dan sekarang bertambah di Kecamatan Nisam Antara, Lapang dan Syamtalira Bayu. Total ada 19 kecamatan,” kata Kepala BPBD Aceh Utara, Munawar kepada wartawan, Minggu (3/12/2017).

Tim BPBD dan SAR sudah turun ke lokasi. Mereka juga mengevakuasi warga di Kecamatan Pirak Timu. “Kita tetap terus siaga di titik-titik banjir terparah dan terus memantau perkembangan banjir,” ujar Munawar.

Kepala Dinas Sosial Perlindungan Perempuan dan Anak Aceh Utara, Jailani Abdullah menyebutkan, bantuan masa panik untuk warga di Kecamatan Samudera, Matangkuli, Pirak Timu, Lhoksukon, dan kecamatan lainnya telah disalurkan.

“Bantuan kami slaurkan untuk tiga hari dulu. Ini terus kami monitor jika ada yang kurang maka segera kami salurkan lagi,” kata Jailani. (*)

Comments

comments