5 Oktober 2018
redaksi pelita 8 (2814 articles)

Aktivis Mahasiswa Aceh Demo di KPK, Tuntut Usut Izin Tambang Emas

Aktivis Mahasiswa Aceh Demo di KPK, Tuntut Usut Izin Tambang Emas di depan Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Jakarta, Jumat (5/10/2018). Foto/Ist

JAKARTA – Aktivis Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi ( LMND) Aceh Fakhrurrazi Kibo dan puluhan aktivis mahasiswa lainnya menggelar demonstrasi di depan Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Jakarta, Jumat (5/10).

Aksi demonstrasi tersebut menuntut KPK RI segera mengusut izin tambang emas di Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh yang dikeluarkan pemerintah pusat melalui Kementerian Energi Dan Sumber Daya Mineral RI dan Dirjen Minerba.

Aktivis LMND Aceh Fakhrurrazi Kibo, mendesak KPK RI mengusut indikasi korupsi keluarnya surat izin tambang. “Pusat telah mengangkangi kewenangan Aceh dan melupakan sejarah bahwa konflik terjadi di Aceh karena Pusat secara terang-terangan merampok harta Aceh,” ujar Kibo.

Izin tambang emas tersebut telah melanggar Pancasila, UUD 1945 pasal 33 dan UUPA. “Kepada Presiden Jokowi dirinya meminta Menteri ESDM dan Dirjen Minerba untuk di copot, dan meminta KPK RI memproses izin tambang ini,” tegas Fakhrur Razi Kibo.

Para aktivis mengingatkan kembali pimpinan dan penyidik KPK Rl untuk memproses izin tambang yang dikeluarkan Menteri ESDM dan Dirjen Minerba.

“Kalau dalam sepekan ini tak ada perkembangan, kami akan turun kembali untuk berdemonstrasi di depan gedung ini,” tegas Kibo lagi.

Aksi demo tersebut dikawal puluhan aparat kepolisian dan berakhir dengan damai. (*)

Comments

comments