Ajuar, Bangkitkan Ekonomi Pemuda Ditengah Pandemi

LHOKSEUMAWE – Sudah memasuki tahun 2021 penyebaran Virus pandemi Corona Disease (Covid-19) tidak kunjung selesai, yang berdampak pada krisis global perekonomian lemah secara massif salah satunya terjadi Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) dan banyak Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) mengalami penurunan daya beli.

Berangkat dari masalah itu ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Lhokseumawe Ajuar menyulap perkarangan kosong milik warga di Desa Kandang Meunasah Mee, Kecamatan Muara Dua, Kota Lhokseumawe untuk dijadikan kolam bioflok lele yang dikelola oleh pemuda di desa itu, Minggu (3/1/2021).

Pemuda sebagai Agent Of Change ataupun agen perubahan bangsa dapat mencari solusi kreatif agar keluar dari krisis ekonomi di masa pandemi, ada empat hal yang bisa dilihat diantaranya peluang, kemandirian,  inisiatif dan kemauan, kata Ajuar.

Lebih lanjut Ajuar menyebutkan, kegiatan ini tentu bertujuan untuk mengoptimalkan pertumbuhan ekonomi pemuda ditengah pandemic Covid-19 dan mendukung ketahanan pangan warga dilingkungan sekitar.

Ia menjelaskan, untuk persiapan kolam yang dijadikan sebagai tempat ikan lele tersebut dilakukan sekitar dua minggu dengan proses pembuatan dan fermentasi air dengan menggunakan pupuk kandang dan pohon pisang setelah itu baru ditebarkan bibit.

Kolam bioflok itu sudah berjalan selama 2,5 bulan dengan penaburan 20.000 benih bibit ukuran 7-8 cm, bahkan di prediksi pertengahan bulan Januari ini sudah dibisa dipanenkan dan dijual kepada pengumpul dan sebagian bisa dikonsumsi kan oleh masyarakat sekitar.

“Ini juga dukungan pemuda untuk mendukung program pemerintah meningkatkan ketahanan pangan ditengah pandemic, dan hal ini juga butuh diberikan edukasi kepada masyarakat untuk memanfaatkan lahan kosong agar dapat berguna membangun pundi-pundi ekonomi,” ucap Ajuar.

Sekarang sangat mudah untuk membudidayakan ikan lele dengan menggunakan media yang sederhana baik itu teknologi bioflok, kolam terpal, kolam semen dan ember. Maka dari itu, diharapkan oleh Ajuar para pemuda bisa memanfaatkan lahan perkarangan rumah yang kosong dapat di jadikan sebagai tempat yang bermanfaat.

Saat ini saling dukung mendukung untuk membangkitkan ekonomi yang berdampak dari pandemi. Untuk itu peran anak muda Kota Lhokseumawe agar bangkitkan ekonomi bangsa, tegas Ajuar dengan tegas.

Program ini juga di dukung oleh Kementerian Kelautan dan Direktoral Jenderal Perikanan Budidaya melalui aspirasi anggota DPR-RI Daerah Pemilihan (Dapil) Aceh 2 TA Khalid komisi IV, tutupnya.