11 Agustus 2018
redaksi pelita 8 (2860 articles)

30 Delegasi BEM Fakultas Pertanian Se Indonesia Ziarah Ke Makam Sultan Malikussaleh

Mahasiswa tergabung dalam Ikatan Senat Mahasiswa Pertanian Indonesia (ISMPI) melakukan foto bersama didepan makan Sultan Malikussaleh.

Lhokseumawe – Diakhir penutupan Musyawarah Nasional Ikatan Senat Mahasiswa Pertanian Indonesia (ISMPI), 30 delegasi BEM Fakutas Pertanian se Indonesia berziarah ke Makam Sultan Malikussaleh.

Selain berziarah, para mahasiswa tersebut juga menggelar doa bersama di makam tersebut di Gampong Beurigen, Kecamatan Samudera, Aceh Utara, Jumat (10/8/2018).

Ketua Pelaksana Nanda Rizki mengatakan kunjungan para delegasi mahasiswa ke Makam Sultan Malikussaleh disambut langsung oleh tokoh masyarakat setempat.

Selain itu, mereka juga mendengarkan pemaparan sejarah tentang Malikussaleh dan perkembangan penyiaran Islam di Nanggroe Serambi Mekah.

“Berziarah ke Makam Malikussaleh salah satu agenda kegaiatan akhir di Munas ISMPI serta bertujuan memperkenalkan seluk beluk masuknya Islam di nusantara,” Jelasnya.

Mereka juga mendegar secara langsung sejarah ke Sultanan Malikussaleh yang diceritakan langsung oleh penjaga makam tersebut, disana mahasiswa sempat menanyakan kejayaan Aceh di bawah pimpinan Sultan Malikussaleh.

“Setelah dijelaskan dan mahasiswa pun sudah lebih tau tentang sejarah Aceh, kemudian mereka mengunjungi Museum Islam Samudera Pasai disebelah barat makam sang Raja,” Jelasnya.

Sebelumnya, Fakultas Pertanian Universitas Malikussaleh (Unimal) Aceh Utara mengelar seminar dan Musyawarah Nasional ISMPI di kampus setempat. Kegiatan tersebut dilaksanakan enam hari di mulai sejak 6-11 Agustus 2018.

Ada pun pemateri saat itu dihadiri oleh Dr.Ir Handewi Saliem (Peneliti Utama PSEKP), Senator Aceh H. Fachrul Razi M.Ip dan Muslahuddin Daud (Farmer Inspiration).

Comments

comments