Asisten II Setdakab Aceh Utara Abdul Azis, M.Si menyerahkan Hand Traktor kepada 14 Geuchik di Kecamatan Muara Batu Aceh Utara, Kamis (27/10) - Foto : Fadli KKN 33 Kamban MB

14 Desa di Aceh Utara Terima Traktor

Asisten II Setdakab Aceh Utara Abdul Azis, M.Si menyerahkan Hand Traktor kepada 14 Geuchik di Kecamatan Muara Batu Aceh Utara, Kamis (27/10) - Foto : Fadli KKN 33 Kamban MB
Asisten II Setdakab Aceh Utara Abdul Azis, M.Si menyerahkan Hand Traktor kepada 14 Geuchik di Kecamatan Muara Batu Aceh Utara, Kamis (27/10) – Foto : Fadli KKN 33 Kamban MB

ACEH UTARA – 14 desa di kecamatan Muara Batu Aceh Utara mendapatkan 1 unit Hand Tractor dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat.

Hand Tractor tersebut diserahkan Asisten II bidang Ekonomi dan Pembangunan pemkab Aceh Utara Abdul Azis kepada para keuchik (kepala desa)di kantor balai penyuluhan pertanian (BPP) Muara Batu, Kamis (27/10) pagi.

” Ini bukan bantuan tetapi kerjasama antara pemerintah Aceh Utara dan Gampong (desa_red) untuk dikelola dengan sistem bagi hasil dan prinsip saling menguntungkan, pendapatan dari sewa Hand Tractor hasilnya sebagian untuk gampong dan sebagian lagi menjadi Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang di setor melalui Dinas Pertanian tanaman pangan dan peternakan “ujar Abdul Azis.

Ia menjelaskan kegiatan ini merupakan bagian program dinas pertanian tanaman pangan dan peternakan yang dibagi dalam tiga brigade yaitu Brigade Alshintan, berupa sewa menyewa Tractor yang di kelola oleh perorangan, kelompok tani, Gabungan Kelompok Tani, UPJA atau Gampong. Brigade Pompa Air, berupa bantuan pompa bagi masyarakat yang membutuhkan dan brigade proteksi yang siap mengatasi serangan hama tanaman.

Lebih rinci disebutkan total aset yang dikelola masyarakat dalam program ini adalah 176 Tractor roda (Hand Tractor) 1 Tractor roda 4 dan 28 Power Trasher

Adapun Gampong di kecamatan Muara Batu yang menerima Hand Tractor terdiri dari Pintoe Makmur, Reuleut Barat Ulee Madon, Meunasah Pinto, Dakuta, Paloh Awe, Meunasah Baroe, Cot Seurani, Meunasah Aron, Meunasah Drang, Cot Trueng, Kamban, Reuleut Timu dan Teumpok Beurandang.

Penyerahan Hand Tractor juga turut disaksikan oleh mahasiswa Unimal yang sedang melaksanakan kegiatan KKN di kecamatan setempat, hadir juga camat muara Batu Andre. S.STP.  M.Kesos, Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Peternakan Aceh Utara Ir.Jafar Ibrahim dan sejumlah pejabat daerah lainnya.

Penulis : Fadli KKN 33 Kamban MB
Editor  : ZulSyarif